Dari ATLAS menjadi Pesona ASIA (Menjelajah Semarang)


Semarang kota Atlas. Ya, itulah semboyan kota kelahiranku sejak dahulu kala. ATLAS merupakan singkatan dari Aman, Tentram, lancar, Asri, dan sejuk. Sesuai dengan semboyannya, pada tahun 90an di bawah kepemimpinan Bapak Sukawi Sutarip selaku walikota Semarang,  Semarang bisa mewujudkan kota tempat tinggal impian di mana para pernduduknya selalu disuguhi rasa nyaman. Namun semboyan ini mulai pudar untuk dirasakan di tahun milenium kini. Hal ini disebabkan salah satunya karena pengaruh perkembangan jaman yang menuntut perubahan-perubahan dalam segala aspek sehingga mempengaruhi moralitas penduduk setempat pula.

Meskipun keadaan kota Semarang tidak se-ATLAS seperti dahulu tetapi Semarang tetap memiliki ciri khas tersendiri yang tetap dapat diunggulkan. Sejak awal tahun 2007 Semarang memiliki sebutan baru yakni “Semarang Pesona Asia”. Program terbaru ini merupakan bentuk keberhasilan dari walikota Semarang yang yang sudah 2 periode menjabat saat itu yakni Bapak Sukawi .

Dengan adanya julukan Semarang the Beauty of ASIA 2007 ini beban yang diberi pada kota Semarang semakin berat. Semarang harus mengadakan pembenahan-pembenahan di segala sektor untuk membuktikan bahwa Semarang juga dapat menjadi kota yang patut dibanggakan. Untungnya sejak diadakannya pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun 2010, bapak Soemarmo, S.H, walikota terpilih waktu itu melanjutkan perjuangan walikota terpilih sebelumnya. Di bawah kepemimpinannya, pemerintah kota Semarang banyak melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan-perbaikan di segala penjuru kota Semarang.
Melalui kepemimpinannya, beliau yang yang lahir tepat tanggal 13 Agustus 1959, berhasil menciptakan sebagian banyak wiayah kota Semarang bebas dari banjir rob yang selama ini sering melanda wilayah tersebut. Sejak beliau menjabat, Semarang kini banyak kemajuan diantaranya yakni beberapa wilayah seperti jalan di sekitar Simpang Lima, jalan pahlawan, jalan majapahit dan jalan-jalan lainnya di wilayah Semarang tidak lagi tergenang air ketika banjir datang. Hal ini merupakan buah hasil dari upaya pemerintah yang selama sekitar satu setengah tahun ini meninggikan jalanan tersebut dengan menambah bahan dasar jalan yakni aspal dan material lain setinggi kurang lebih 5 hingga 20 centimeteran. Meskipun dana yang berasal tidak hanya dari Daerah tetapi juga mengandalkan Dana dari pemerintah pusat, bagaimanapun juga pemerintah kota Semarang telah berhasil menunjukkan keseriusannya dalam hal perbaikan wilayah.
Selain peninggian badan jalan, pemerintah kota Semarang juga melakukan perbaikan-perbaikan utuk sektor pariwisata. Beberapa bukti nyatanya adalah perbaikan Simpang Lima yang selama ini sebagai jantung kota, selain itu juga Lawang Sewu yang biasanya dijadikan objek utama tujuan para turis di Semarang dan juga wilayah jalan pahlawan yang di sulap menjadi tempat ternyaman bagi para penikmat wisata.
Kini seluruh warga kota Semarang, tak hanya penduduk asli, melainkan juga pendatang dapat menikmati fasilitas-fasilitas baru di kota Lunpia ini, seperti kawasan simpang Lima yang kini kita bisa mendapati sejajaran penjual makanan di pinggir kiri jalan yag tertata rapi, apik, strategis, dan sangat nyaman.

Selain itu jika kita ingin berjalan sedikit kita dapat mengunjungi objek wisata “Lawang Sewu” di kawasan Tugu Muda. Lawang Sewu yang dahulu terkenal karena hawa mistisnya kini disulap menjadi bangunan bersejarah dan menyenangkan. Sedangkan tugu Muda yang terletak tepat berseberangan dengan Lawang Sewu juga sering dijadikan tempat kunjungan wisata terutama bagi keluarga dan para remaja.

Dari Lawang Sewu kita dapat menuju arah Timur dan menemukan kota yang terlihat usang dan tua. Inilah kota Lama yang memiliki banyak nilai sejarah. Kota lama akan membawa kita ke dalam tahun penjajahan di mana ‘view’ yang disajikan adalah bangunan dan jalanan yang berkesan lama.

suasana kota lama

Jika kita terus menelusurinya kita akan menemukan sebuah bangunan kuno dan bersejarah, ialah “Gereja Blenduk”, gereja yang sudah ada sejak jaman penjajahan dulu ini merupakan jantung dari kota lama sendiri. di sinilah merupakan tempat strategis untuk pengembilan gambar sebagai buah tangan. Tak sedikit dari para penduduk melakukan “pemotretan pra wedding” di daerah ini. Kebanyakan dari mereka memilih tempat ini karena mencari sengaja mencari kesan jaman dahulu.

Gereja Blenduk

Dari gereja blenduk kita dapat berjalan ke arah Timur dan mendapati sebuah masjid termegah di Indonesia, masjid ini bernama masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang  mempunyai bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman seluas 7.500 m2 ini terloetak di kawasan semarang Timur. Bangunan masjid yang diadopsi dari bangunan masjid Nabawi di Arab ini menerapkan arsitektur Jawa, Roma, dan Arab.

Masjid Agung Jawa Tengah

Jauh beranjak dari kota lama, ketika kita berjalan kearah Barat dari wilayah tugu muda, kita akan menemukan objek wisata lain yakni Sampokong. Bangunan yang diperuntukan untuk tempat beribadatan para kaum tionghoa ini juga dijadikan objek transit para turis. Selain bangunannya yang megah bangunan ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Sampokong

Dari barat kita dapat melanjutkan perjalanan menuju arah Selatan yakni wilayah kecamatan Banyumanik. Di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten (ungaran) kita akan menemukan Bangunan yang amat megah menjulang tinggi di kiri jalan. Bangunan itu adalah klenteng “Watu Gong”.

Watu gong

Tak cukup jika menghabiskan perjalanan di Semarang hanya dalam waktu satu hari. Masih banyak objek-objek dan pernak-pernik lain yang dapat dijumpai di kota Semarang.selain objek-objek diatas masih banyak lagi penelusuran kita. Oleh karenanya, jangan pernah membatasi diri Anda untuk berwisata di kota penuh sejarah ini karena di sini kita akan menemukan segalanya yang belum pernah ada sebelumnya.
*Objek wisata bukanlah dilihat dari bentuk dan wajahnya saja melainkan juga sejarah dan isi/kandungan yang ada di dalamnya.


Buat kalian yang belum pernah ke kota beauty of ASIA ini, jangan membuat hidup kalian merugi selamanya. Segera kunjungi dan temukan hal-hal baru di sini! Jika perlu bantuan, saya dan penduduk asli kota Semarang lain siap membantu Anda ;).

A good trip for you, this is Semarang!

Advertisements

11 responses

  1. ehh semarang sungainya udah rapi (sebagian) lhoo keren jadinya ^o^V

    1. sungai mana dulu? kok deket rumah ku enggak -.-

  2. cintaku tertinggal di Semarang.,.:-D

    1. ahaha pengalaman pribadi y -.- smangat!

  3. Alhamdulillah.,.,.semoga tidak copas.,.:-P

    I like it (mungkin termasuk orangnya),.:-)

    1. engga duong, saya lebih bangga dengan hasil karya saya sendiri 🙂
      heeaaa malah gombal

  4. Jaya Semarang..!!!

    1. maju orang semarang 😉

  5. ayooo main ke sam poo kong ==’

    1. siap orang Tegal nyasar semarang 🙂

  6. wah jadi nambah pengalaman nieh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: