Wow! Perawat Dapat Mengantar Kita Ke Luar Negeri!

Senin – 3 Oktober 2011, kampus PSIK kembali kedatangan tamu terhormat. Seseorang yang memiliki segudang prestasi dan pegalaman.  Seseorang yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang kesehatan. Pria yang bercita- cita menjadi professor ketika menginjak umur  50 tahun ini bernama Ns. Edy Wuryanto, M.Kep. Beliau merupakan seorang ketua PPNI Jawa Tengah periode 2000 – 2015. Pengalamannya dalam berorganisasi tidak dapat diragukan lagi. Beliau mulai bergabung dalam PPNI sejak tahun 1999. Selain itu ia juga merupakan aktivis di berbagai organisasi atau perkumpulan. Dengan segudang penghargaan baginya lalu apakah tujuan beliau mendatangi kampus Holistic NursingUniversitas Diponegoro, siang ini?

Sebelum kita mengetahui apa yang terjadi di kampus Holistic Nursing hari ini mari kita sekilas mengenal ‘Apa PPNI itu?’ PPNI adalah singkatan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang merupakan himpunan perawat se-Indonesia. PPNI didirikan pada 17 Maret 1974. PPNI merupakan gabungan dari beberapa organisasi keperawatan sebelumnya. Seperti organisasi lainnya, organisasi ini juga memiliki visi dan misi yang dijalani yang pada intinya adalah mengembangkan keperawatan adalah profesi yang professional.

Tak ubahnya sebagai guru atau pembimbing para perawat di Jawa Tengah, bapak Ns. Edy Wuryanto, M.Kep yang juga berprofesi sebagai dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Semarang sejak tahun 1991, membagikan ilmunya kepada sebagian mahasiswa PSIK Semarang angkatan 2011. Beliau memberikan motivasi yang sangat membangun kepada calon perawat masa depan yang bertemakan “Apakah Keperawatan Sebagai Profesi?” Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa pemula yang baru mengenal dunia keperawatan meski belum keseluruhan.

Dalam penjelasannya beliau menyampaikan bahwa mencapai perawat yang professional harus memiliki 4 hal yang mencangkup:

  • Keperawatan harus dibangun dari pendidikan
  • Membangun Body of Knowledge
  • Memiliki Etika/ Kode Etik
  • Memiliki organisasi yang menghimpun anggota
  • Mempunyai lingkungan praktik yang jelas

Sejatinya perawat memiliki prluang yang banyak untuk meraih karir yang cemerlang. Hal ini dibuktikan dengan adanya kampanye WHO bahwa masih banyak permintaan tenaga perawat di luar negeri seperti Amerika, Singapura, Jepang, fillipina,Vietnam, dan berbagai negara lain. Seharusnya sebagai perawat patut berbangga diri karena tenaganya masih sangat dibituhkan oleh banyak kalangan di berbagai penjuru dunia. Dan sebagai perawat yang berfikir kritis seharusnya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Namun kesempatan juga perlu diimbangi dengan pengetahuan yang luas serta skills yang memadai. Selain itu perawat juga dapat menabung amal sesama manusia.

Keperawatan sebagai bagian integral dari sistem perawatan kesehatan, meliputi promosi kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan, orang sakit secara fisik sakit mental, dan cacat dari segala usia, dalam semua perawatan kesehatan dan pengaturan masyarakat lainnya. Bahwa sesungguhnya sebagai perawat tidak hanya menangani pasien sebatas pasien dating ke rumah sakit dan mengobatinya. Alangkah labih baik apabila perawat juga mengajarkan kepada pasien agar dapat lebih mandiri untuk menjaga kesehatannya dan memberikan penyuluhan agar pasien lebih mengerti dan melindungi dirinya sendiri. Seperti dalam pedoman PPNI bahwa seorang perawat harus professional, mandiri, dan aman yang berarti selalu mengupayakan terbaik bagi pasien tetapi tetap dalam batas keamanan diri, pasien, dan lingkungan sekitar. Dan saat ini PPNI-pun juga bergantung pada perawat-perawat generasi sekarang dan masa depan. Sangat dibutuhkan calon-calon perawat yang professional dan siap berorganisasi dalam di bidangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: